Candi Ijo

Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada lereng barat sebuah bukit yang jauh dari keramaian di kawasan barat Yogyakarta, di selatan Candi Ratu Baka.

Dataran tempat kompleks candi itu berada luasnya sekitar 0,8 hektar, namun diperkirakan bahwa sesungguhnya kompleks Candi Ijo jauh lebih luas dari lahan yang sudah dibebaskan pemerintah tersebut. Dugaan itu didasarkan pada kenyataan bahwa ketika lereng bukit Candi Ijo di sebelah timur dan sebelah utara ditambang oleh penduduk, masih banyak ditemukan artefak yang mempunyai kaitan dengan candi.

Candi berlatar belakang agama Hindu ini diperkirakan dibangun antara abad ke-10 sampai dengan ke-11. Kompleks Candi Ijo terdiri dari beberapa kelompok candi induk, candi pengapit dan candi perwara. Candi induk yang sudah selesai dipugar menghadap ke barat. Di kompleks Candi Ijo terdapat 3 candi perwara yg menunjukkan penghormatan masyarakat Hindu kepada Trimurti: Brahma, Wisnu, dan Syiwa. Candi ini mempunyai 17 struktur bangunan dan 11 halaman berundak serta 3 bangunan candi perwara di puncak halaman tertinggi. Saat ini, struktur bangunan candi yg telah berhasil dipugar adalah kompleks candi utama dan 3 candi perwara tersebut. Sedangkan struktur bangunan lainnya, dari teras 1 – 10 masih dalam proses identifikasi dan proses susun-coba struktur bangunan candi. Susunan Lingga-Yoni yg terdapat di dalam Candi Ijo merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.

Mendekati sore hari, kita bisa melihat sunset yg nyaris sempurna dari Candi Ijo ini. Lokasi ini menarik sekali untuk hunting foto, atau bahkan untuk lokasi foto Pre-Wedding.

Bila ingin mengunjungi Candi Ijo lokasinya satu arah dengan Candi Ratu Boko. Hanya sekitar 30-45 menit dari kota Jogja. Letaknya yg tinggi ini membuat kita harus menjalani jalanan yg cukup menanjak untuk menuju ke lokasinya. Tapi begitu sampai, keindahan candi dan pemandangan alam yang kita dapatkan akan membuat mata kita segar dan takjub.

Comments